Berita Terupdate
IBX5AA69669434FB

Sabtu, 10 Februari 2018

Posted by Lana Rezky in | Februari 10, 2018 No comments
10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

satu masalah yang sering terjadi pada wanita yaitu rasa sakit saat menstruasi. Ini akan terjadi pada setiap wanita normal.
Menstruasi adalah keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.
    Pada saat menstruasi ada baiknya Anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena rasa nyeri yang timbul saat Anda menstruasi salah satunya diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi.
    Ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat Anda menstruasi. Simak ulasannya berikut:
    1. Makanan olahan
    Selama wanita menstruasi rasa kembung akan meningkat, ini diakibatkan meningkatnya retensitas air di perut. Pada makanan olahan juga banyak makanan berminyak dan manis, sebaiknya dihindari dulu selama menstruasi.
    2. Daging merah
    Makanan ini tinggi akan lemak jenuh. Pada saat menstruasi, sebaiknya Anda tidak memakannya karena dapat menimbulkan kram, kembung, dan jerawat.
    3. Alkohol
    Jauhilah minuman beralkohol saat Anda menstruasi karena ini akan memperburuk gejala menstruasi Anda.
    4. Dairy product
    Berbagai olahan dairy seperti susu, cream, dan keju agar dihindari saat menstruasi karena mengandung asam arakidonat yang dapat memicu kram saat Anda menstruasi.

    5. Kafein
    Minuman seperti kopi mengandung kafein tinggi dan ini harus Anda hindari saat menstruasi. Hal ini karena kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kegelisahan, dehidrasi, serta dapat mengganggu tidur Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa minum teh herbal.
    6. Makanan berlemak
    Mengonsumsi makanan berlemak seperti burger, keripik, dan kentang goreng selama menstruasi akan memengaruhi hormon Anda dan menyebabkan kram.
    7. Biji-bijian
    Biji-bijian seperti roti, pizza, sereal dan tortilla harus dihindari, karena bisa menyebabkan kembung dan konstipasi. Anda bisa memilih biji-bijian yang memiliki indeks GI rendah yang tidak hanya akan menjaga sistem pencernaan Anda tetapi juga akan membuat rasa lapar Anda tertelan.
    8. Makanan asin
    Makanan asin yang ditemukan dalam sup kaleng, bacon, keripik, dan lain-lain harus dihindari selama menstruasi karena mengandung garam tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi akan menyebabkan kembung di perut.

    9. Makanan manis
    Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil dan banyak wanita mendambakan permen. Mengonsumsi makanan bergula bisa menambah fluktuasi gula darah Anda, berakibat pada perubahan mood dan ketegangan. Sebagai gantinya, Anda bisa mencari salad buah kaya serat dan ada yogurt rendah lemak.
    10. Makanan pedas
    Mengonsumsi makanan pedas saat menstruasi dapat memicu hot flashes, menunda siklus menstruasi, dan memancing peradangan kulit dan jerawat. Bumbu dari makanan bisa mengganggu lapisan perut dan usus Anda, sehingga menyebabkan keasaman dan kram menstruasi yang menyakitkan.

    0 komentar:

    Posting Komentar