Berita Terupdate
IBX5AA69669434FB

Sabtu, 10 Februari 2018

Posted by Lana Rezky in | Februari 10, 2018 No comments
5 Kebiasaan Jomblo yang Menghabiskan Uang

Banyak orang yang beranggapan jika hidup sebagai jomblo terasa lebih enak dibandingkan dengan yang sudah menikah. Hidup menjomblo berarti Anda masih fokus pada kebutuhan diri sendiri saja. Sementara jika sudah menikah, akan banyak tanggungan yang harus dipenuhi karena Anda sudah berkeluarga.

Karena itu, banyak orang yang berpikir jika hidup sebagai jomblo lebih hemat dibandingkan yang sudah menikah. Meskipun begitu, tidak semua mereka yang masih jomblo dapat hidup lebih hemat dibandingkan dengan mereka yang sudah berkeluarga.

Bahkan, jika masih jomblo sekalipun, Anda dapat mengalami pemborosan yang cukup besar dalam keuangan. Lalu, apa saja yang dapat menjadi penyebab keborosan meskipun masih jomblo? Inilah kebiasaan buruk jomblo yang bikin boros.

1. Menggunakan Uang Tidak Berdasarkan Kebutuhan

Salah satu penyebab mengapa Anda sering melakukan pemborosan meskipun masih jomblo adalah kebiasaan menggunakan uang tidak berdasarkan kebutuhan. Anda lebih senang mengutamakan keinginan dibandingkan kebutuhan. Usia yang masih muda terkadang membuat orang cenderung lebih ingin bersenang-sennag dibandingkan memprioritaskan kebutuhan yang utama.

Misalnya, saat sedang berjalan-jalan ke mal, Anda mudah tergoda dengan barang-barang terbaru atau barang sale. Meskipun sebenarnya tidak membutuhkan barang-barang tersebut, Anda tergoda untuk membelinya.

2. Belum Menghargai Apa Yang Anda Miliki

Dalam mengelola keuangan, memang dibutuhkan kematangan dalam berpikir. Penting untuk memiliki pikiran yang dewasa sehingga dapat peka tentang apa yang Anda miliki saat ini. Pekerjaan dan gaji tetap yang Anda dapatkan setiap bulannya merupakan hal yang harus Anda hargai.

Jangan menyia-nyiakannya hanya untuk hal-hal yang tidak penting. Jika masih boros saat menggunakan uang, Anda mungkin tidak dapat membayangkan bagaimana sampai menganggur ataupun sulit dalam mencari pekerjaan nanti.

3. Uang yang Dimiliki Dipakai Hanya untuk Bersenang-Senang

Usia muda memang sering kali dikaitkan dengan kesenangan dan foya-foya. Banyak anak muda saat ini yang tidak berpikir tentang masa depan. Misalnya, senang mengunjungi tempat mahal dan sering berbelanja. Perilaku konsumtif seperti ini akan menganggu kesehatan finansial Anda.

Dibandingkan berfoya-foya, akan lebih baik mengalihkan uang Anda untuk hal-hal yang penting dan menguntungkan untuk masa depan. Misalnya, berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan anak-anak muda saat ini. Mulai dari investasi emas, deposito, saham, hingga reksa dana.

Bahkan, tidak ada salahnya jika Anda menginvestasikan uang untuk pendidikan. Dengan begitu, nantinya ilmu dan skill Anda bisa lebih berkembang.

4. Waktu Tidak Dipakai dengan Baik

Terkadang karena merasa masih muda membuat orang-orang merasa masih bebas dan akhirnya menyia-nyiakan waktu sesuka hatinya. Anda merasa masih memiliki banyak waktu untuk dapat mengejar pendidikan dan karier sehingga memicu rasa malas-malasan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Padahal, kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Sebab dibutuhkan usaha yang keras. Justru masa muda seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan. Meskipun masih muda, jangan buang-buang waktu Anda. Gunakan segala kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

5. Merasa Hanya Hidup Untuk Hari Ini

Kesalahan terbesar yang sering kali dilakukan anak muda saat ini adalah merasa hidup hanya untuk hari ini. Kebanyakan dari mereka tidak memikirkan tentang apa yang akan terjadi pada hari esok ataupun seterusnya. Misalnya, saat ingin makan enak, Anda langsung datang mengujungi restoran mahal yang tentunya sangat merogoh kocek.

Atau menginginkan sesuatu tanpa melihat harga dan kondisi keuangan, Anda langsung membelinya. Apalagi jika Anda memiliki kartu kredit, pemborosan akan sangat mudah terjadi. Untuk itulah, pentingnya merencanakan dengan baik tujuan di masa depan. Jangan hanya berpatokan dengan masa-masa saat ini saja.

Bijaksana dalam Menggunakan Uang

Meskipun usia masih muda, bukan berarti Anda bisa seenaknya menggunakan uang. Bijaksanalah dalam menggunakan uang, jangan lagi melakukan pemborosan. Masa depan Anda perlu dipersiapkan dengan baik mulai dari sekarang. Dengan begitu, masa depan yang cerah tentu akan dengan mudah datang kepada Anda.

0 komentar:

Posting Komentar