Berita Terupdate
IBX5AA69669434FB

Sabtu, 10 Februari 2018

Posted by Lana Rezky in | Februari 10, 2018 No comments
5 Minuman Indonesia yang Bikin Badan Hangat

Indonesia menjadi salah satu negara yang penuh dengan keberagaman. Sumber daya alam hingga kuliner ada beragam varian rasa dan cita rasa tersendiri, mulai manis, gurih, dan hangatnya sampai terasa di dada.

Minuman tradisional Indonesia juga memiliki rasa yang unik dan banyak manfaat. Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/2/2018), berikut sederet minuman tradisional khas Indonesia dan juga menfaatnya menghangatkan badan, berasal dari seluruh Indonesia.

1. Bajigur

Bajigur merupakan minuman tradisional dari Jawa Barat. Minuman ini berwarna cokelat muda dan bermanfaat menghangatkan tubuh, terlebih saat musim hujan seperti ini. Bajigur terbuat dari gula aren dan santan, ditambah dengan dengan jahe, garam, dan bubuk vanili. Bajigur lebih enak diseruput dengan ditemani kacang tanah rebus, pisang kapok rebus, dan kacang kedelai.

2. Bandrek

Minuman ini juga berasal dari Jawa Barat, tapi berbeda dengan bajigur. Bandrek terbuat dari jahe, serai, merica, gula aren, garam, cengkeh, kayu manis, dan daun pandan. Meskipun berbeda bahan-bahannya dengan bajigur, bandrek juga bermanfaat untuk menghangatkan badan.

3. Sarabba

Makassar pun memiliki minuman tradisional yang menghangatkan badan namanya sarabba. Minuman ini terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk. Sarabba lebih mantap diminum saat malam hari dan musim hujan. Selain menghangatkan badan, sarabba juga bermanfaat untuk mengobati influenza, meningkatkan stamina, dan menjaga kekebalan tubuh.

4. Wedang jahe

Wedang jahe menjadi salah satu minuman yang terkadang disediakan di rumah-rumah makan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat. Minuman tradisional ini mampu membuat nyaman tubuh dan merileks-kan. Wedang jahe cukup mudah dibuat karena hanya terdiri dari jahe, gula merah atau gula pasir.

5. Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman tradisional berasal dari Jawa Tengah. Minuman yang bermanfaat menghangatkan badan ini, terbuat dari air racikan jahe, yang berisi kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, serta sepotong roti. Biasanya sekoteng dijajakan pada malam hari oleh pedagang keliling dengan gerobak yang didorong atau pikul.

0 komentar:

Posting Komentar